Bimbel Lavender,Bimbel Masuk UI, Bimbel UTBK & Bimbel Terbaik Supercamp Karantina Masuk UI & PTN 2019-2020 | Dikelola Dosen UI

6 Rambu-rambu Uji Klinis Vaksin Corona Sinovac di Bandung

Bimbel-kedokteran

Jakarta -Berita baik datang dari kelangsungan uji klinis vaksin Corona Sinovac di Bandung. Diperkirakan, uji klinis fase ke-3 akan cepat dilaksanakan dalam tempo dekat.

Namun, bagi relawan atau seorang yang ingin mendaftar selaku perwakilan subyek pengkajian vaksin Corona tercatat wajib memiliki persyaratan khusus. Apa saja? Catat 6 bukti yang dirangkum detikcom tergantung uji klinis vaksin Corona Sinovac di Bandung.

Baca juga: UTBK di tengah Pandemi

1. Dilaksanakan permulaan Agustus 2020

Uji klinis fase 3 vaksin Corona buatan Sinovac akan membawa-bawa 540 orang pada tahap permulaan Agustus 2020. Pemantauan berjangka tiga bln akan dilakukan pada subjek untuk menyaksikan kelangsungan vaksin.

“Awalnya sekitar 540 subjek semasa tiga Bln. Jadi yang tiga bln permulaan 540 diperiksa keamanan dan Daya tahan. Seterusnya sesudah tiga bln itu hanya akan dipantau keamanannya atau istilah yang lain efficacy,” kata dr Eddy Fadliana selaku Koordinator tim peneliti Fakultas Kedokteran (FK) Kampus Padjadjaran.

2. Siapa saja yang ikut dalam uji klinis vaksin Corona Sinovac?

Relawan atau kandidat yang menempuh uji klinis vaksin Corona Sinovac yaitu warga Bandung. Warga termasuk berada dalam rentang usia produktif dan dalam keadaan yang sehat.

“Diberikan asuransi selagi ikut Pengkajian, dan tidak dibayar karena mereka sebagai Ikhlas. Terus kita awasi ketat, tiga hari, lima hari, 14 hari, dan seterusnya. Jika dia sakit, apakah simptom dari vaksin itu atau tidak? nanti dia mengecek ke dokter lain, saya yang akan pertanyaan ke dokter itu lebih dalam,” ujar Peneliti Fakultas Kedokteran (FK) Kampus Padjadjaran Prof Kusnandi Rusmil.

3. Kriteria relawan uji klinis vaksin Corona Sinovac

Ada sejumlah persyaratan tersangkut relawan atau calon uji klinis vaksin Corona SInovac. Berikut tiga syaratnya:

1. Berumur 19-59 tahun

2. Tinggal di Kota Bandung

3. Tidak memiliki riwayat penyakit COVID-19

4. Relawan wajib tinggal di Bandung

Peneliti Fakultas Kedokteran (FK) Kampus Padjadjaran Prof Kusnandi Rusmil membeberkan relawan yang menjadi topik penyelidikan vaksin Corona Sinovac harus bertempat tinggal di Bandung Raya. Hal termasuk dilakukan guna meringankan cara pemantauan uji klinis vaksin selagi enam bln lebih.

Kecuali yang tinggal di Kota Bandung. Jika luar kota mau ikut ini, pindah dulu ke Kota Bandung,” kata Kusnandi di Rumah Sakit Pendidikan Unpad Jalan Eyckman nomor 38 Kota Bandung, Rabu (22/7/2020).

5. Ada 6 lokasi uji klinis vaksin Corona Sinovac di Bandung

Manajer Lapangan Uji Klinis Vaksin COVID-19 Fakultas Kedokteran (FK) Kampus Padjadjaran (Unpad) Eddy Fadlyana Menyampaikan, uji klinis tahap ke-3 Vaksin Corona Sinovac dari China akan dilakukan di enam lokasi di Kota Bandung.

Keenam lokasi tercatat yakni:

1. Rumah Sakit Pendidikan (RSP) Unpad

2. Balai Kesehatan Unpad Dipatiukur

3. Puskesmas Ciumbuleuit

4. Puskesmas Puskesmas Garuda

5. Puskesmas Dago

6. Puskesmas Sukaparkir

6. Biaya vaksin diperkirakan 145 ribu rupiah per dosis

Dikutip dari CNN Indonesia, PT Bio Farma (Persero) menetapkan biaya vaksin corona di kisaran US$5 hingga US$10 per dollar AS atau setara Rp72.500 hingga Rp 145 ribu per dosisnya.

Sekretaris Industri Bio Farma Bambang Heriyanto mengungkapkan rentang tarif tersebut masih dapat berubah.

Biaya vaksin masih saya hitung, untuk tebakan sementara taksiran US$5-US$10,” ujarnya terhadap CNNIndonesia.com, Selasa (22/7) malam

Baca juga: Bimbel di tengah Pandemi Corona?

.

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

error: Content is protected !!