Apa yang Dipelajari Di Jurusan Farmasi

Bimbel UTBK Farmasi

Bimbel Lavender -Jurusan Farmasi adalah jurusan yang mempelajari segala hal tentang obat. Mulai dari bahan kimia yang terkandung, proses pembuata, proses pengemasan, fungsi,  kegunaan, sampai dengan cara pendistribusian dan juga pengelolaan stok obat.

Seorang ahli farmasi  bertanggung jawab untuk memberikan obat yang tepat untuk penyakit yang sudah diagnosis Dokter. Dan tak jarang jika seorang apoteker menyarankan obat yang berbeda atau dosis yang berbeda dari yang diberikan dokter (tentunya setelah berkonsultasi dengan dokter tersebut), karena seorang ahli farmasi seharusnya paham obat lebih banyak daripada Dokter.

Harus Kuat di Fisika, Kimia, Biologi

Untuk belajar di jurusan Farmasi kamu butuh dasar yang kuat di pekajarn Kimia, Biologi dan juga Kesehatan. Sehingga anda harus suka dengan ketiga bidang ini. Kuliah farmasi perlu banyak praktek laboratorium. Tidak jarang praktek ini menggunakan bahan berbahaya sehingga butuh kehati-hatian dan ketelitian yang tinggi. Biasanya disarankan untuk minum susu murni setelah selesai dari lab untuk mensterilkan kembali organ dalam tubuh yang kemungkinan terpapar zat kimia.

Untuk memahami ilmu resep (farmasetika dan formulasi) kamu akan mempelajari ilmu fisika-kimia untuk memahami sifat-sifat suatu zat kimia. Mana zat yang bisa dicampur, mana yang tidak. Kamu juga akan mempelajari bagaimana cara obat bekerja dalam tubuh (farmakologi), olehkarena itu kamu  juga harus memahami ilmu anatomi dan fisiologi manusia yang juga dipelajari dalam ilmu kedokteran.

Lebih kompleksnya kamu akan mempelajari tentang tanaman obat (farmakognosi), sehingga harus mempelajari morfologi, anatomi dan fisiologi tumbuhan yang dipelajari dalam ilmu Botani. Selain itu, kamu wajib untuk memahami cara pengukuran kadar obat, sehingga harus mempelajari tentang titrasi yang dipelajari dalam ilmu sains kimia. Dan untuk memahami jenis bakteri dan parasit penyebab penyakit, kita juga mempelajari ilmu mikrobiologi yang dipelajari dalam ilmu sains biologi.

Mayoritas Mahasiswanya perempuan

Beda halnya dengan anak Teknik yang kebanyakan mahasiswanya adalah laki-laki, jurusan Farmasi “dikuasai” oleh perempuan. Bahkan di beberapa kampus, persentase perempuan di jurusan Farmasi bisa sampai 80%.

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

error: Content is protected !!