Info Lengkap Jurusan Ilmu Gizi

Jurusan Ilmu Gizi

Bimbel Lavender – Ilmu Gizi merupakan ilmu yang penting dipelajari karena langsung beririsan dengan kehidupan kita sehari-hari. Contoh kecilnya adalah makanan yang kita konsumsi, kita harus tahu apakah tubuh kita membutuhkan makanan tersebut.

Apa Yang Dipelajari Ilmu Gizi?

Di jurusan Ilmu Gizi kamu akan mempelajari hubungan dan juga efek yang dtimbulkan oleh makanan & minuman terhadap kesehatan dan penyakit, khususnya dalam penelitian mengenai nutrisi dan kebutuhan dasar (standar) nutrisi pada makhluk hidup.

Di jurusan ini, kamu akan banyak mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan pangan. Kamu akan dikenalkan dengan zat gizi  makro (karbohidrat, protein dan lemak) dan mikro (mineral, vitamin) juga bahan pangan apa saja yang memiliki kandungan zat tersebut.

Tapi, pelajaran yang dipelajari di Ilmu gizi gak melulu soal pangan aja. Di jurusan ini kamu akan diajarkan cara mengetahui apa saja yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Mulai dari berbagai rumus seperti menghitung berat badan ideal, kebutuhan kalori harian, menghitung indeks massa tubuh, kebutuhan ketika mendapati keadaan tertentu seperti ketika sakit, terkena luka bakar, saat menyusui, saat hamil dan kondisi lainnya. Rumus-rumus tersebut pastinya akan sangat berguna buat kamu untuk memantau keadaan tubuh sendiri maupun orang lain.

Di Ilmu Gizi kamu juga akan mmepelajari ilmu kedokteran seperti patofisiologis berbagai penyakit dan istilah-istilah medis yang harus diketahui. Selain itu ada juga mata kuliah manajemen, kewirausahaan, gizi olahraga & kerja, sampai juga mepelajari psikologi.

Prospek Kerja Jurusan Ilmu Gizi?

Pekerjaan apa saja  sih yang bisa kamu ambil atau pertimbangkan jika kamu mempelajari ilmu gizi. Berikut daftar pekerjaan yang bisa kamu ambil:

  1. Menjadi Pengusaha Kuliner

Menjadi pengusaha kuliner merupakan prospek kerja yang sangat prospektif. Namun, membuka usaha kuliner yang dimaksud ini adalah kuliner yang jauh lebih spesifik untuk target atau pangsa pasar tertentu. Bukan untuk umum, untuk semua kalangan masyarakat dan bukan untuk semua usia. Contoh usaha kuliner yang spesifik ini seperti berbisnis usaha bubur bayi dan balita. Ini menjadi peluang yang sangat lebar. Di sisi lain, faktor internal dalam diri orang tua, terlebih yang sibuk bekerja tentu tak ingin repot untuk membuat bubur bayi. Orang tua yang sibuk, sebagian besar lebih memilih membelinya daripada membuat sendiri. Terlebih bubur bayi ini sangat instan dan praktis. Tinggal sobek, tuang, seduh dan diaduk. Akan lebih sehat dan baik untuk pencernaan jika makanan tersebut merupakan makanan yang alami dan segar. Kamu juga bisa merintis usaha kuliner makanan sehat untuk diet dll.

  1. Bekerja di Rumah Sakit

Setiap rumah sakit hampir dipastikan mempunyai unit atau instalasi gizi, di mana bertugas untuk mengatur dan menyiapkan makanan untuk pasien yang tengah dirawat di rumah sakit tersebut. Tugasnya tentu tidak hanya menyediakan makanan saja, melainkan juga menyajikan makanan sedemikian rupa dengan jenis dan nutrisi yang tepat. Makanan dengan jenis yang tepat maksudnya di sini ialah kesesuaian jenis makanan dengan kondisi dari pasien tersebut. Selanjutnya, makanan sesuai dengan nutrisi adalah kesesuaian dan keseimbangan nutrisi pada makanan sesuai dengan kebutuhan pasien. Di pekerjaan inilah ahli gizi memberikan peran yang sangat penting dan tugas yang begitu mulia.

  1. Menjadi Konsultan Gizi

Banyak bidang yang bisa ditekuni lebih dalam dengan menjadi konsultan gizi, misal menjadi konsultan gizi di klinik kesehatan atau bahkan di pusat kebugaran. Biasanya jika yang di pusat kebugaran atau klinik kesehatan memiliki fokus pada pelayanan diet dan membutuhkan sosok ahli gizi dalam menunjang keberhasilan para membernya. Untuk menunjang target yang diinginkan oleh konsumen tersebut, tentu butuh yang namanya asupan nutrisi dengan sesuai, sehingga keinginan mereka untuk mendapat hasil yang optimal bisa dipenuhi tanpa harus kekuraangan nutrisi.

  1. Bekerja di Lembaga Kesehatan Masyarakat

Setiap pusat kesehatan masyarakat atau yang biasa dikenal dengan nama puskesmas membutuhkan setidaknya 1 orang ahli gizi. Akan tetapi, untuk saat ini, masih banyak puskesmas yang belum mempunyai seorang ahli gizi karena jumlah lulusan jurusan dari ilmu gizi masih sangat kurang.

  1. Bekerja di Institusi Pemerintah, seperti BPOM dan BKP

BPOM (Badan Pengawasan Obat dan Makanan) dan BKP (Badan Ketahanan Panganan) membutuhkan sosok ahli gizi yang memiliki pengetahuan lebih akan bahan makanan. Ahli gizi yang bekerja di instansi pemerintah ini harus tahu lebih mengenai bahan makanan dan kandungan gizi yang terdapat di dalamnya. Dengan pengetahuan inilah mereka bisa melakukan penelitian terhadap produk makanan apa saja yang boleh dan tidak boleh dipasarkan serta dikonsumsi oleh seluruh lapisan masyarakat.

  1. Bekerja di Perusahaan Industri Makanan dan Minuman

Pasti di antara kalian banyak atau sering melihat nutrition facts yang biasanya terdapat di belakang kemasan produk makanan atau minuman entah apapun itu, baik susu, mie instan dan lain sebagainya. Ternyata, nutrition facts tersebut juga menjadi salah satu bidang pekerjaan ahli gizi juga! Jadi, seorang ahli gizi bisa ditempatkan untuk bekerja di industri makanan dan minuman, bisa menjabat seperti quality control.

  1. Bekerja di Restoran, Rumah Makan, Hingga Hotel

Tidak hanya bekerja di lembaga kesehatan masyarakat, perusahaan makanan dan minuman, ternyata lulusan gizi juga masih bisa bekerja di dunia usaha yang lain dalam hal ini restoran, rumah makan atau hotel berskala besar. Tugasnya menjaga makanan dan membuatnya agar tetap sehat di tangan konsumen saat disantap. Bisa jadi seperti quality control juga. Sangat asyik!

Biaya Kuliah Ilmu Gizi di PTN

biaya kuliah ilmu gizi

Bicara kuliah pasti bicara juga denga biaya kuliah yang harus dikeluarkan. Untuk ilmu gizi sendiri biayanya berbeda-beda. Tergantung kampus/universitas, kemampuan ekonomi dan juga jalur masuk yang ditempuh. Berikut rangkuman biaya kuliah ilmu gizi di 5 PTN terbaik di Indonesia.

Sistem pembayaran perkuliahan di Universitas Indonesia atau UI untuk Sarjana Reguler UI memiliki 2 mekanisme yaitu BOP-Berkeadilan dan BOP Pilihan.

BOP-Berkeadilan merupakan mekanisme pengajuan tarif UKT bagi Mahasiswa yang penetapannya disesuaikan dengan kemampuan penanggung biaya pendidikan dan dalam pengajuannya harus disertai dengan sejumlah data dan dokumen pendukung. Berikut Besaran BOP Berkeadilan Rumpun Saintek (IPA):

Kelas  1: Rp.0 s.d. Rp.500.000

Kelas 2: >Rp.500.000 s.d. Rp.1.000.000

Kelas 3: >Rp.1.000.000 s.d. Rp2.000.000

Kelas 4: >Rp.2.000.000 s.d. Rp4.000.000

Kelas 5: >Rp.4.000.000 s.d. R6.000.000

Kelas 6: >Rp.6.000.000 s.d. Rp7.500.000

 

BOP-Pilihan merupakan mekanisme pengajuan tarif UKT bagi Mahasiswa yang penetapannya ditentukan sendiri oleh penanggung biaya pendidikan yang didasarkan pada keinginan untuk berpartisipasi dalam membantu biaya operasional pendidikan sarjana reguler di UI dengan membayar Tarif UKT lebih besar  dari Tarif UKT Kategori IV BOP-Berkeadilan. Berikut Besaran BOP Pilihan Rumpun Saintek (IPA):

Kelas A: Rp.7.500.000,-

Kelas B: Rp.10.000.000,-

Kelas C: Rp.12.500.000,-

Sistem pembayaran perkuliahan di Universitas Gadjah Mada atau UGM untuk Sarjana Reguler UGM menggunakan sistem Uang Kuliah Tunggal atau UKT dengan besaran yang berbeda-beda sesuai dengan besaran penghasilan orantua. Adapun besaran UKT UGM sebagai berikut:

UKT 0 = Bidikmisi

UKT I (pendapatan ≤ 500.000): Rp.500.000,-

UKT II (500.000 < Penghasilan ≤ 2.000.000): Rp.1.000.000,-

UKT III (2.000.000 < Penghasilan ≤ 3.500.000): Rp.7.250.000,-

UKT IV (3.500.000 < Penghasilan ≤ 5.000.000): Rp.10.875.000,-

UKT V (5.000.000 < Penghasilan ≤ 10.000.000): Rp.14.500.000,-

UKT VI (Penghasilan > 10.000.000): Rp.22.500.000,-

Bersaran uang kuliah tunggal (UKT) di IPB rinciannya sebagai berikut:

UKT I:Rp.500.000,-

UKT II: Rp.1.000.000,-

UKT III: Rp.5.000.000,-

UKT IV: Rp.8.000.000,-

UKT V: Rp.10.000.000,-

UKT VI: Rp.12.000.000,-

Sistem pembayaran perkuliahan di Universitas Diponegoro atau UNDIP untuk Sarjana Reguler memakai sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT). Untuk besaran UKT bermacam macam sesuai dengan kemampuan orangtua. Besarannya sebagai berikut:

UKT GOL I: Rp 500.000

UKT GOL II: Rp 1.000.000

UKT GOL III: Rp 5.000.000

UKT GOL IV: Rp 10.000.000

UKT GOL V: Rp 12.500.000

UKT GOL VI: Rp 15.000.000

UKT GOL VII: Rp 19.000.000

10 PTN dengan Jurusan Ilmu Gizi Terbaik?

Berikut 10 PTN dengan Jurusan Ilmu Gizi terbaik di Indonesia versi Bimbel Lavender:

  1. UNIVERSITAS INDONESIA
  2. UNIVERSITAS GADJAH MADA
  3. INSTITUT PERTANIAN BOGOR
  4. UNIVERSITAS DIPONEGORO
  5. UNIVERSITAS AIRLANGGA
  6. UNIVERSITAS BRAWIJAYA
  7. UNIVERSITAS HASANUDDIN
  8. UNIVERSITAS ANDALAS
  9. UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN
  10. UPN “VETERAN” JAKARTA

Bimbel Terbaik Untuk Jurusan Kedokteran

Jika kamu mencari Bimbel Terbaik untuk Fakultas Kedokteran, Maka Jawabnnya adalah Bimbel Lavender yang bimbingan belajar yang dikelola langsung oleh Dosen UI dengan tingkat kelulusan yang tinggi dan konsiten.

Berikut Lulusan Bimbel Lavender Tahun 2019:

Bimbel Terbaik Untuk Fakultas Kedokteran atau FK

bimbel masuk kedokteran

Bimbel UI Karantina Lavender

Bimbel UI Karantina Lavender atau disebut juga supercamp secara garis besar merupakan sistem bimbingan belajar yang mengharuskan siswa untuk tinggal di lokasi belajar (di hotel/wisma di sekitar depok). Sekitar 4-6 pekan siswa difokuskan untuk mempelajari materi dan soal persiapan ujian PTN setiap hari dari pagi hingga malam.

bimbel masuk ui

Bimbel UTBK Reguler

Bimbel UTBK Lavender juga menyediakan kelas persiapan ujian SBMPTN reguler bagi kamu yang tidak bisa mengikuti Kelas Karantina, yaitu kelas pesiapan ujian PTN dengan tempat belajar di kantor Bimbel Lavender dengan sistem tidak menginap. Ada 3 Pilihan kelas; yaitu kelas khusus alumni/ kelas pagi, kelas Sore, dan juga Kelas Weekend.

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

error: Content is protected !!