Bimbel Lavender,Bimbel Masuk UI, Bimbel UTBK & Bimbel Terbaik Supercamp Karantina Masuk UI & PTN 2019-2020 | Dikelola Dosen UI

Kabar Pengawas UTBK di Kala Pandemi, Gunakan Hazmat, Keyboard dan Mouse Dibungkus Plastik

UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer)
Ujian Tulis berbasis komputer

Bimbel Lavender – Pengerjaan Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Kampus Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta menerapkan standar protokol Kebugaran.

Para pengawas yang bertugas juga memakai alat pelindung diri (APD) lengkap.

“Jadi pengerjaan UTBK di UPN Yogyakarta itu sepadan dengan protokol Kesehatan, ujar Pemimpin Penerimaan Siswa Baru (PMB) UPN Veteran Yogyakarta Hendro Wijanarko, saat dihubungi, Senin (6/7/2020).

Baca juga: Bimbel UTBK Khusus Kedokteran diincar Siswa

Hendro mengatakan sebelum pengerjaan UPN Veteran sudah memberitahukan terhadap para kandidat UTBK.

Setiap calon wajib memakai face shield dan masker. Tidak cuma itu juga memakai sarung tangan.

Saat para kandidat datang, juga diatur agar tidak terbentuk kerumunan. Sebelum masuk, kandidat juga wajib cuci tangan.

“Kita siapkan lokasi tunggu di depan, kita siapkan juga wastafel dan pembersih untuk cuci tangan. Sebelum masuk area kandidat dicek suhunya dengan thermo gun,” ungkapnya.

Pengurus juga menyiapkan tim kesehatan yang mencakup dokter dan tenaga medis. Mereka siap siaga selagi Pengerjaan. Tidak hanya itu disiapkan area kesehatan.

Diceritakannya, pada hari pertama pengerjaan di sesi dua, ada satu orang kandidat yang saat dicek dengan thermo gun suhunya 38 derajat.

Baca juga:Bimbel Masuk Kedokteran: Bimbel yang sedang nge-trend di kalangan siswa SMA

Penyelenggara selanjutnya menunggu kandidat tertera istirahat dan saat dicek kembali suhunya 36 derajat.

Tempo hari ada perkara suhunya 38, anak itu disuruh istirahat dan dicek ulang ternyata karena kepanasan naik motor dari Turi sana. Ini tidak serta merta langsung tidak boleh ikut, tapi kita tetap cek ulang dijamin Betul-betul sehat maka tidak membebankan Bakal, ungkapnya.

Ruang, lanjutnya, juga disemprot dengan desinfektan. Penyemprotan ini dilakukan sebelum dan sesudah ruang dipakai oleh para Kandidat. Tujuannya agar ruang steril saat digunakan.

“Keyboard-nya dan mouse kita beri plastik, setiap sesi kita ganti. Jadi kita Betul-betul membantu bahwa pengerjaan tes di UPN Veteran Yogyakarta setakar protokol Kesehatan, agar jangan sampai ada klaster baru,” ujarnya.

Diungkapkannya, untuk kandidat dari luar DIY dapat mengadukan lokasi pindah test. Maka tidak harus menyusul tes di UPN Veteran Yogyakarta.

Tuturnya untuk pantia di UPN Veteran juga menerapkan protokol Kesehatan. Pengawas dan teknisi di ruang juga memakai Alat Pelindung Diri (APD).

“Pengawas dan teknisi ruang memakai APD lengkap, ya yang itu pakaian seperti astronot atau Hazmat. Itu semua kita wajibkan, karena menutupi pengawas dan teknisi ruang yang di area itu,” jelasnya.

Tes dilaksanakan dalam dua tahap. Tes tahap pertama 5 Juli-14 Juli 2020. Tetapi tahap ke-2 20 Juli-29 Juli 2020.

Ruang yang disediakan di UPN Veteran Yogyakarta ada sekitar 10 Ruang. Masing-masing lokasi diisi 15 kandidat walaupun di dalam ruang ada 30 Pc. Maka Masing-masing kandidat ada jarak sepadan protokol kesehatan.

“Yang tempat testnya di UPN 2.441 Kandidat, ujarnya.

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

error: Content is protected !!