Kedokteran UTBK

Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) mengabarkan 10 program studi (prodi) sains dan teknologi (saintek) terfavorit di Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019. Program belajar Pendidikan Kedokteran Kampus Udayana berada di urutan teratas.

“Pendidikan Dokter Kampus Udayana dengan jumlah penggemar 2.301 Calon. Ke-2, Agroekoteknologi Kampus Brawijaya dengan penggemar 2.202 Calon, kata Menristekdikti M Nasir di biro Kemenristekdikti, Jakarta Pusar, Selasa (9/7/2019).

Baca juga: Review Bimbel Masuk UI Terbaik

Sementara itu, 8 prodi saintek favorite yang lain yakni Pendidikan Kedokteran Kampus Hasanuddin diminati 2.111 Calon, Agroteknologi Kampus Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur diminati 1.956 Calon, Kebugaran Masyarakat Kampus Hasanuddin dengan 1.920 calon dan Agroteknologi Kampus Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta diminati 1.884 peserta.

Seterusnya prodi Kedokteran Kampus Sebelas Maret diminati 1.836 Calon, Teknik Kimia Kampus Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur diminati 1.751 Calon, Peternakan Kampus Brawijaya diminati 1.734 calon dan terakhir Pendidikan Dokter Kampus Jember diminati 1.716 peserta.

Baca juga: Bimbel Karantina: Worth it kah?

Kemenristekdikti menyebutkan sekitar 168.742 calon lulus ujian UTBK SBMPTN. Nasir memaparkan calon yang dinyatakan lulus terdiri dari 119.777 calon non bidikmisi dan 48.965 calon pemohon bidikmisi.

Pemimpin Badan Tes Masuk Perguruan tinggi Tinggi (LTMPT) Ravik Karsidi menegur agar para calon yang lolos mempersiapkan register ulang.

Calon yang dinyatakan lolos wajib hadir pada saat pendaftaran atau daftar ulang pada masa dan lokasi sepadan dengan prosedur Masing-masing sekolah tinggi tinggi Negara. Calon boleh mengecek pemberitahuan tertera di laman PTN Tujuan, kata Ravik di tempat yang sama.

Ravik memaparkan kedatangan pada saat pendaftaran menunjukkan jalan status penerimaan calon selaku anak didik di PTN Tujuan. Calon yang dinyatakan lolos UTBK SBMPTN 2019 akan dinyatakan berhasil di PTN yang di 7 dengan syarat menjalankan kontrak yang dapat diliat di laman PTN tujuan.

“Bagi calon pemohon Bidikmisi yang telah dinyatakan lolos status perolehan beasiswanya tinggal membutuhkan jalan validasi oleh PTN Tujuan, jelas Ravik.