Perbedaan Universitas, Institut, Politeknik, Sekolah Tinggi, Akademi, Sekolah Kedinasan (Sekdin)

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on email
Email
Share on whatsapp
WhatsApp
foto-sekolah-tinggi-akuntansi-negera-stan

Untuk kamu Lavenderian yang sekarang sudah menginjak kelas 12 pastinya kamu merasa excited dan juga deg-degan karena sebentar lagi kamu akan lulus sebagai siswa dan akan berubah status menjadi seorang Mahasiswa atau bahkan mungkin langsung cari kerja?

Sebagian kamu mungkin sudah memutuskan untuk menjadi mahasiswa dan sudah menentukan universitas mana yang ingin kamu tuju atau  atau mungkin mau ke politeknik? akademi? Sekolah Tinggi? emang apa bednya sih?

Agar kamu gak bingung, Bimbel Lavender akan kasih kamu apa sih Perbedaan Universitas, Institut, Politeknik, Sekolah Tinggi, Akademi. dan gimana sih caranya bisa masuk ke  Universitas, Institut, Politeknik, Sekolah Tinggi, Akademi.

1. Universitas

ugm-universitas-gadjah-mada

Mungkin kamu paling familiar dengan kata Universitas karena memang kebanyakan sekolah pasca SMA mayoritas berstatus Universitas. Jadi apa sih itu Universitas?

Jika mengacu pada pengertian di KBBI, Universitas adalah perguruan tinggi yang terdiri atas sejumlah fakultas yang menyelenggarakan pendidikan ilmiah dan/atau profesional dalam sejumlah disiplin ilmu tertentu.

Dari pengertiannya saja kita sudah tahu kalo di universitas itu mempelajari berbagai macam jenis ilmu sehingga banyak Fakultas-fakultas untuk mengelompokkan ilmu-ilmu yang diperkecil lagi menjadi jurusan/program studi tersebut.

Misalnya Fakultas Ekonomi di dalamnya ada jurusan-jurusan yang berhubungan dengan ilmu Ekonomi seperti bisnis, akuntasni, manajemen, dll., begitu juga dengan Fakultas Kedokteran di dalamnya terdapat ilmu-ilmu khusus yang dijadikan jurusan seperti misalnya ilmu kedokteran, ilmu farmasi, ilmu biomedis, dll.

Universitas juga dapat memberikan gelar akademik kepada mahasiswa yang telah menyelesaikan studinya baik itu level Sarjana (S1), Magister (S2) bahkan Doktoral (S3).

Selain itu Universitas juga bisa menyelenggarakan pendidikan Vokasi (D3/D4). jadi intinya Universitas ini semua jenis ilmu bisa dipelajari di sini.

2. Institut

institut-teknologi-bandung-itb

Hampir sama dengan universitas, Intitut juga merupakan perguruan tinggi yang terdiri dari berbagai Fakultas dan juga jurusan akan tetapi biasanya institut lebih mendalami satu disiplin Ilmu yang besar.

Misalnya Institut Teknologi Bandung (ITB) yang fokus mempelajari ilmu-ilmu teknik dan teknologi yang di dalamnya ada Fakultas Teknik Industri (FTI) yang dibagi kedalam jurusan/program studi Teknik Mesin, Teknik Elektro Teknik Fisika, dll.

Ada juga Institut Pertanian Bogor (IPB) yang fokus mempelajari ilmu ilmu pertanian yang dibagi kedalam fakultas-fakultas dan lebih dikhususkan lagi dalam jurusan/program studi. Misalnya di IPB ada jurusan Pertanian yang memiliki jurusan/prodi Teknik Pertanian, Ilmu Tanah, Agroteknologi, dll..

Begitu juga Institut Kesenian Jakarta yang fokus mempelajari Ilmu Kesenian yang di dalamnya ada Fakultas Seni Pertunjukkan yang di khususkan lagi ilmunya di jurusan/program studi Seni Teater, Seni Tari, Seni Musik, dll.

3. Sekolah Tinggi

foto-sekolah-tinggi-akuntansi-negera-stan

Sekolah Tinggi hampir sama dengan Institut hanya saja Sekolah Tinggi ini lebih khusus lagi hanya mempelajari 1 Fakultas/ Bidang Ilmu yang dikhususkan lagi di jurusan-jurusan.

Misal jika kamu daftar di Sekolah Tinggi Komunikasi, maka Jurusan di Sekolah Tinggi tersebut hanya jurursan yang berkaitan dengan komunikasi seperti jurusan Humas, Jursan Penyiaran, Jurusan Periklanan, dll.

Banyak Sekolah Tinggi yang ada di Indonesia sperti Sekolah Tinggi Akuntasi Negara (STAN), Sekolah Tinggi, Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (STPN), Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD), Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN), Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI), dan masih banyak lagi.

4. Politeknik

politeknik-negeri-jakarta-pnj

Berbeda dari Universitas dan Institut yang bisa menyediakan pendidikan Sarjana dan Vokasi (D3), Politeknik hanya menyediakan pendidikan Vokasi (D3).

Karena memang tujuan didirikannya Politeknik adalah untuk menyiapkan peserta didiknya menjadi lulusan dengan kemampuan profesional yang mampu menerapkan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi, agar bisa bersaing dengan para lulusan di perguruan tinggi di dunia pekerjaan.

Perguruan Tinggi yang berbentuk Politeknik Antara Lain Politeknik Negeri Jakarta (PNJ), Politeknik Negeri Media Kreatif (Polimedia), Politeknik Negeri Bandung, Polban) Politeknik Negeri Sriwijaya, dll.

5. Akademi

akamigas-stem

Bentuk Akademi hampir sama dengan Politeknik yakni sama-sama hanya menyelenggarakan pembelajaran tingkat Vokasi saja.

Perbedaannya jika politeknik mempelajari berbagai jenis ilmu, di akademi fokus mempelajari 1 bidang ilmu saja dengan pembelajaran tingkat Vokasi.

Adapun contoh akademi di Indonesia; Akademi Minyak dan Gas Bumi (Akamigas-STEM), Akademi Ilmu Pemasyarakatan Jakarta, Akademi Kepolisian Republik Indonesia (Akpol), Akademi Militer Republik Indonesia (Akmil), dll.

 

6. Sekolah Kedinasan

sekolah-kedinasan-siswi

Mungkin kamu sering mendengar istilah Sekolah Kedinasan. Memangnya apa bedanya? termasuk ke Politeknik? Sekolah Tinggi? atau apa?

Jadi, Sekolah Kedinasan Adalah Perguruan Tinggi yang memiliki ikatan dinas dengan pemerintah. Sekolah kedinasan ini bisa dari Institut, Sekolah Tinggi, mapun Politeknik. Intinya memiliki ikatan dinas dengan pemerintah.

Pendaftaran dan Seleksi Sekolah kedinasan ini diatur oleh Badan Kepegawaina Negara (BKN) yang juga merupakan institusi yang mengatur penerimaan ASN/PNS.

Berikut Daftar Sekolah Kedinasan:

  1. Alur Pendaftaran Sekolah Kedinasan Tahun 2021
  2. Sekolah Kedinasan Kementerian Perhubungan
  3. Sekolah Kedinasan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia
  4. Sekolah Kedinasan Kementerian Dalam Negeri
  5. Sekolah Kedinasan Kementerian Keuangan
  6. Sekolah Kedinasan Badan Intelijen Negara
  7. Sekolah Kedinasan Badan Pusat Statistik
  8. Sekolah Kedinasan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG)
  9. Sekolah Kedinasan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN)

7. Gimana Cara Daftarnya?

utbk-sbmptn-covid

Jalur masuk penerimaan untuk Universitas, Institut, Politeknik, Sekolah Tinggi, Akademi dll. dibedakan berdasarkan status universitas/institut tersebut. Baik itu Negeri maupun swasta. Untuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) jalur masuknya bisa melalui SNMPTN, SBMPTN dan ujian mandiri PTN tersebut. Sedangkan untuk PTS biasanya hanya mealui jalur mandiri dan prestasi/beasiswa.  Berikut Jalur masuk PTN & PTS:

Universitas & Institut:

  • SNMPTN
  • SBMPTN – UTBK
  • Ujian Mandiri (Kelas Reguler maupun Kelas Internasional)

Politeknik:

  • SNMPTN
  • SBMPTN – UTBK
  • SBMPN Poltek
  • Ujian Mandiri
  • Ujian Sekdin

Sekolah Tinggi:

  • SBMPN Poltek
  • Ujian Mandiri
  • Ujian Sekdin

Akademi:

  • Ujian Mandiri
  • Ujian Sekdin

Berikut artikel penjelasan tentang Perbedaan Universitas, Institut, Politeknik, Sekolah Tinggi, Akademi, Sekolah Kedinasan (Sekdin).

Semoga Kamu semakin paham dan makin pasti menentukan pilihan studimu baik itu di Universitas, Institut, Politeknik, Sekolah Tinggi, maupun Akademi. (SAL)

Share:

Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on telegram

Baca Juga

Topik Terkait