Amazing Camp Bimbel Lavender

Tahun 2024 telah mencatat berbagai pencapaian gemilang di kalangan siswa SMA yang berhasil lolos Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) atau UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer). Bagi para calon mahasiswa, khususnya yang bercita-cita melanjutkan studi di universitas ternama di Indonesia, memahami hasil dari SNBT sangat penting. Informasi ini tidak hanya memberikan gambaran tentang persaingan yang ketat, tetapi juga menjadi inspirasi dan motivasi untuk terus berusaha mencapai yang terbaik.

Tahun ini, ada beberapa universitas yang menonjol dengan skor rata-rata tertinggi pada berbagai jurusan favorit. Menariknya, jurusan-jurusan ini tidak hanya dari bidang teknik atau teknologi, tetapi juga dari bidang kedokteran yang selalu menjadi primadona bagi banyak siswa. Informasi berikut menyajikan detail skor rata-rata tertinggi dari 20 peserta terbaik UTBK SNBT 2024 di berbagai universitas ternama di Indonesia.

Kampus Dengan Nilai-nilai tertinggi

Universitas Indonesia (UI)

Universitas Indonesia, sebagai salah satu perguruan tinggi ternama di Indonesia, mencatatkan prestasi yang luar biasa dengan jurusan Teknik Elektro yang memiliki skor rata-rata tertinggi yaitu 859,13. Hal ini menunjukkan betapa ketatnya persaingan dan tingginya standar yang diterapkan oleh UI dalam menerima mahasiswa baru di jurusan tekniknya. Selain itu, jurusan Pendidikan Dokter di UI juga mencatatkan skor yang tidak kalah tinggi yaitu 850,56, yang semakin memperkuat posisi UI sebagai pilihan utama bagi para calon dokter di Indonesia.

Universitas Gadjah Mada (UGM)

Universitas Gadjah Mada, sebagai salah satu universitas negeri terbaik di Indonesia, juga mencatatkan skor rata-rata tinggi di berbagai jurusan. Jurusan Kedokteran di UGM memiliki skor rata-rata 858,16, menjadikannya salah satu yang tertinggi di antara semua jurusan kedokteran di Indonesia. Selain itu, jurusan Kedokteran Gigi dan Teknik Industri juga memiliki skor rata-rata yang sangat kompetitif, yaitu masing-masing 855,95 dan 855,56. Prestasi ini menunjukkan komitmen UGM dalam menyediakan pendidikan berkualitas tinggi di berbagai bidang studi.

Universitas Padjadjaran (UNPAD)

Universitas Padjadjaran juga tidak kalah bersaing dengan universitas lainnya. Jurusan Pendidikan Dokter di UNPAD memiliki skor rata-rata 858,16, setara dengan jurusan Kedokteran di UGM. Skor ini menunjukkan bahwa UNPAD adalah salah satu pilihan utama bagi calon mahasiswa yang ingin mengejar karir di bidang kedokteran. Prestasi ini semakin memperkuat posisi UNPAD sebagai salah satu universitas terbaik di Indonesia.

Institut Teknologi Bandung (ITB)

Institut Teknologi Bandung, sebagai salah satu institusi pendidikan teknik terkemuka di Indonesia, juga menunjukkan prestasi yang luar biasa. Jurusan Sekolah Teknik Elektro dan Informatika – Komputasi (STEI-K) di ITB memiliki skor rata-rata 855,22, menunjukkan betapa ketatnya persaingan di bidang teknik dan teknologi informasi. Selain itu, jurusan Matematika di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) juga mencatatkan skor rata-rata 847,96, yang semakin mengukuhkan ITB sebagai pilihan utama bagi calon mahasiswa di bidang sains dan teknologi.

Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED)

Universitas Jenderal Soedirman juga mencatatkan prestasi yang membanggakan dengan jurusan Pendidikan Dokter yang memiliki skor rata-rata 855,95. Prestasi ini menunjukkan bahwa UNSOED adalah salah satu universitas yang mampu bersaing dengan universitas ternama lainnya dalam menyediakan pendidikan kedokteran yang berkualitas tinggi.

Universitas Jember

Universitas Jember juga mencatatkan prestasi yang tidak kalah gemilang. Jurusan Sistem Informasi di Universitas Jember memiliki skor rata-rata 850,97, menunjukkan betapa kompetitifnya bidang teknologi informasi di universitas ini.

Universitas Diponegoro (UNDIP)

Universitas Diponegoro juga mencatatkan skor yang tinggi dengan jurusan Kedokteran yang memiliki skor rata-rata 849,72. Prestasi ini menunjukkan bahwa UNDIP adalah salah satu universitas yang unggul dalam bidang kedokteran di Indonesia.

Universitas Brawijaya

Universitas Brawijaya juga mencatatkan prestasi yang membanggakan dengan jurusan Kedokteran yang memiliki skor rata-rata 846,35. Hal ini menunjukkan bahwa Universitas Brawijaya adalah salah satu pilihan utama bagi calon mahasiswa yang ingin mengejar karir di bidang kedokteran.

Universitas Sebelas Maret (UNS)

Universitas Sebelas Maret juga mencatatkan prestasi yang tidak kalah gemilang dengan jurusan Kedokteran yang memiliki skor rata-rata 845,27. Prestasi ini menunjukkan bahwa UNS adalah salah satu universitas yang mampu bersaing dengan universitas ternama lainnya dalam menyediakan pendidikan kedokteran yang berkualitas tinggi.

Informasi ini menunjukkan betapa ketatnya persaingan dalam UTBK SNBT 2024 dan betapa tinggi standar yang diterapkan oleh universitas-universitas terbaik di Indonesia. Bagi kalian yang bercita-cita melanjutkan studi di universitas ternama, informasi ini bisa menjadi motivasi untuk terus belajar dan mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya. Selamat belajar dan semoga sukses!

20 Peringkat tertinggi nilai UTBK SNBT 2024

  1. UNIVERSITAS INDONESIA Jurusan TEKNIK ELEKTRO Skor rata-rata 859,13
  2. UNIVERSITAS GADJAH MADA Jurusan KEDOKTERAN Skor Rata-rata 858,16
  3. UNIVERSITAS PADJADJARAN Jurusan S1 PENDIDIKAN DOKTER Skor Rata-rata 858,16
  4. UNIVERSITAS GADJAH MADA Jurusan S1 KEDOKTERAN GIGI Skor Rata-rata 855,95
  5. UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN Jurusan S1 PENDIDIKAN DOKTER Skor Rata-rata 855,95
  6. UNIVERSITAS GADJAH MADA Jurusan S1 TEKNIK INDUSTRI Skor Rata-rata 855,56
  7. INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG SEKOLAH TEKNIK ELEKTRO DAN INFORMATIKA – KOMPUTASI (STEI-K) S1 Skor Rata-rata 855,22
  8. UNIVERSITAS GADJAH MADA Jurusan S1 KEDOKTERAN Skor Rata-rata 852,58
  9. UNIVERSITAS GADJAH MADA S1 KEDOKTERAN Skor Rata-rata 851,07
  10. UNIVERSITAS PADJADJARAN S1 PENDIDIKAN DOKTER Skor Rata-rata 851,05
  11. UNIVERSITAS JEMBER Jurusan S1 SISTEM INFORMASI Skor Rata-rata 850,97
  12. UNIVERSITAS INDONESIA Jurusan S1 PENDIDIKAN DOKTER Skor Rata-rata 850,56
  13. UNIVERSITAS DIPONEGORO Jurusan S1 KEDOKTERAN Skor Rata-rata 849,72
  14. INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM – MATEMATIKA (FMIPA-M) S1 Skor Rata-rata 847,96
  15. UNIVERSITAS INDONESIA Jurusan S1 PENDIDIKAN DOKTER Skor Rata-rata 846,60
  16. UNIVERSITAS BRAWIJAYA Jurusan S1 KEDOKTERAN Skor Rata-rata 846,35
  17. UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN Jurusan S1 PENDIDIKAN DOKTER Skor Rata-rata 846,23
  18. UNIVERSITAS GADJAH MADA Jurusan S1 KEDOKTERAN Skor Rata-rata 846,08
  19. UNIVERSITAS INDONESIA Jurusan S1 PENDIDIKAN DOKTER Skor Rata-rata 845,36
  20. UNIVERSITAS SEBELAS MARET Jurusan S1KEDOKTERAN Skor Rata-rata 845,27