PTN dengan Jurusan/Fakultas Kedokteran Gigi Terbaik

Kedokteran Gigi UGM

Beberapa PTN dengan jurusan kedokteran gigi terbaik diantaranya yaitu Universitas Indonesia, Universitas Jember, Universitas Gadjah Mada, Universitas Padjadjaran, Universitas Airlangga, Universitas Hasanuddin, Univesitas Sumatera Utara. Tujuh Universitas tersebut telah memiliki akreditas A untuk jurusan kedokteran gigi.

Universitas Indonesia

Di Universitas Indonesia, Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) berdiri sejak tahun 1960. FKG UI telah terakreditasi A sejak tahun 2014. Mahasiswa FKG UI harus menyelesaikan kuliah selama 7 semester atau 14 blok (144 SKS), untuk menjadi Sarjana Kedokteran Gigi (S.KG). Tahap kedua adalah Program Pendidikan Akademik Profesi. Lulusan dokter gigi tersebut, akan memasuki pendidikan profesi dokter gigi dengan menjalankan kepaniteraan klinik terintegrasi yang berjumlah total 31 SKS. Selain program reguler, FKG UI juga mempunyai kelas internasional untuk mahasiswa FKG dengan bahasa pengantar Bahasa Inggris.

Universitas Gadjah Mada

Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Gadjah Mada didirikan pada tanggal 5 Maret 1948. Fakultas ini telah mendapatkan akreditasi A sejak tahun 2014. Tidak jauh berbeda dengan FKG UI, FKG UGM juga memiliki departemen yang mirip. Di FKG UGM juga memiliki jurusan Hiegine Gigi atau juga disebut sebagai perawat gigi. Tidak jauh berbeda dengan FKG di kampus lain, untuk menjadi seorang dokter gigi, mahasiswa harus menempuh program akademik dan program profesi yang kemudian dilanjutkan dengan magang.     

Universitas Padjadjaran

Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Unpad berdiri pada tanggal 1 September 1959 berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 85633/S. FKG Unpad terbentuk berkat upaya Panitia Pembentukan FKG Unpad yang terdiri dari Prof. Dr. R. Moestopo, Prof. Soeria Soemantri, MPH., R. Soeriadiredja, dr. Chasan Boesoeri, dan Prof. Dr. Naubaeuer. FKG Unpad telah terakreditasi A. Selain itu, sejak tahun 2003, FKG Unpad membuka Kelas Internasional yang menerapkan student active learning dengan metode pembelajaran problem based learning. Pada tahun yang sama, FKG Unpad memiliki Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) di Kampus Sekeloa yang merupakan pengembangan dari Klinik Kerja Mahasiswa. Masa studi mahasiswa sarjana FKG Unpad terjadwal 8 semester dengan maksimal pendidikan selama 14 semester. 

Universitas Airlangga

FKG Unair adalah FKG tertua di Indonesia. Fakultas Kedokteran Gigi Unair berdiri atas prakarsa dr. Lonkhuizen yang saat itu menjabat sebagai Kepala Departemen Kesehatan Masyarakat. Dr. Lonkhuizen mempunyai gagasan untuk membuka sekolah pendidikan dokter gigi di kota Surabaya dan meminta dr. R.J.F. Van Zaben, Direktur Nederland Indische Artsen School (N.I.A.S.) untuk memimpinnya pada bulan Juli 1928. Pendidikan Dokter Kedokteran Gigi ini bernama School Tot Opleiding van Indische Tandartsen (STOVIT, 1928-1942) khusus untuk dokter gigi setempat semasa Indonesia masih dijajah Pemerintah Hindia Belanda. Program pendidikan dokter gigi di FKG UNAIR diselenggarakan melalui tahapan pendidikan akademik dan profesi yang disebut program akademik-profesi dokter gigi dan memiliki beban studi 183 sks. Selama program akademik atau program sarjana kedokteran gigi, teori dasar kedokteran dan kedokteran gigi diajarkan. Setelah memperoleh gelar sarjana kedokteran gigi, secara terintegrasi, mahasiswa menyelesaikan program pendidikan profesi dokter gigi. Selama program profesi ini mereka melakukan rotasi praktikum klinik di semua departemen yang ada di Rumah Sakit Gigi dan Mulut. Selain itu, FKG Unair juga membuka kelas internasional.

Universitas Jember

Sejak tahun 1980, Universitas Jember (UNEJ) telah merintis rencana penambahan Fakultas Kedokteran Gigi. Sehubungan dengan rencana tersebut, UNEJ melakukan persiapan-persiapan, dan pada tahun 1985 mulai menerima mahasiswa baru. Pada tahun 1986, Fakultas Kedokteran Gigi di UNEJ resmi menjadi swasta dengan nama Sekolah Tinggi Kedokteran Gigi Jember (STKG Jember) dibawah Yayasan Abdi Negara Jember. Pada tahun 1989 status operasional STKG Jember berubah menjadi status terdaftar. Selanjutnya, mulai tahun akademik 1995/1996 PSKG UNEJ menerima mahasiswa untuk pertama kali. Pada saat bersamaan, STKG Jember dibekukan. Pada tahun 1998, status program Studi Kedokteran Gigi berubah menjadi Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) dengan SK Mendikbud No. 256/O/1998, tertanggal 21 Oktober 1998. Sampai saat ini Universitas Jember telah terakreditasi A. Selain itu, Universitas Jember juga memiliki Rumah Sakit Gigi dan Mulut sebagai fasilitas pendidikan untuk mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi.

Universitas Hasanuddin

FKG Universitas Hasanuddin didirikan pada tanggal 23 Januari 1969 sebagai Institut Kedokteran Gigi Yos Sudarso Makassar, yaitu institusi hasil kerjasama antara TNI AL dengan Universitas Hasanuddin. Kemudian institusi ini dilebur menjadi Departemen Kedokteran Gigi, Fakultas Kedokteran, Universitas Hasanuddin. Pada tahun 1983, fakultas ini resmi berdiri sebagai fakultas yang mandiri. Masa studi mahasiswa program sarjana yaitu selama lima tahun (3 tahun program akademik dan 2 tahun program profesi). Total beban studi yang harus ditempuh mahasiswa untuk menyandang gelas dokter gigi adalah sebanyak 180 SKS. Saat ini, Universitas Hasanuddin telah memiliki program kelas internasional sejak tahun 2019.     

Universitas Sumatera Utara

FKG USU didirikan pada tanggal 19 Oktober 1961 berdasarkan SK Menteri PTIP No. 0048/Sek/PU dan diresmikan pada tanggal 3 Nopember 1961. Pelaksanaan pendidikan dokter gigi di FKG USU terdiri dari dua tahap, yaitu: Tahap Program Pendidikan Akademik dan Tahap Program Pendidikan Profesi yang merupakan satu kesatuan yang utuh. Tahap Program Pendidikan Akademik dijadwalkan selama 8 semester dengan beban studi 145 SKS, sedangkan Tahap Program Pendidikan Profesi dijadwalkan 2 semester dengan beban studi 30 SKS. Total beban studi hingga mencapai gelar dokter gigi sebanyak 185 SKS. Mahasiswa yang menyelesaikan program pendidikan akademik berhak menyandang gelar Sarjana Kedokteran Gigi (SKG), sedangkan mahasiswa yang berhasil menamatkan program pendidikan profesi akan mendapat gelar Dokter Gigi (drg). Berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) No. 006/BAN-PT/Ak-X/S1/VI/2006 tanggal 15 Juni 2006, Fakultas Kedokteran Gigi USU ditetapkan sebagai salah satu Fakultas Kedokteran Gigi Negeri yang memiliki akreditasi “A”.

Bimbel Terbaik Untuk Fakultas Kedokteran Gigi atau FKG

Jika kamu mencari Bimbel Terbaik untuk Fakultas Kedokteran, Maka Jawabnnya adalah Bimbel Lavender yang bimbingan belajar yang dikelola langsung oleh Dosen UI dengan tingkat kelulusan yang tinggi dan konsiten.

Berikut Lulusan Bimbel Lavender Tahun 2019:

Bimbel Terbaik Untuk Fakultas Kedokteran atau FK

bimbel masuk kedokteran

Bimbel Karantina Lavender

Bimbel Karantina atau disebut juga supercamp secara garis besar merupakan sistem bimbingan belajar yang mengharuskan siswa untuk tinggal di lokasi belajar (di hotel/wisma di sekitar depok). Sekitar 4-6 pekan siswa difokuskan untuk mempelajari materi dan soal persiapan ujian PTN setiap hari dari pagi hingga malam.

bimbel masuk ui

Bimbel SBMPTN Reguler

Bimbel Lavender juga menyediakan kelas persiapan ujian SBMPTN reguler bagi kamu yang tidak bisa mengikuti Kelas Karantina, yaitu kelas pesiapan ujian PTN dengan tempat belajar di kantor Bimbel Lavender dengan sistem tidak menginap. Ada 3 Pilihan kelas; yaitu kelas khusus alumni/ kelas pagi, kelas Sore, dan juga Kelas Weekend.

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

error: Content is protected !!