PTN dengan Jurusan Keperawatan terbaik

keperawatan ugm

Bimbel Lavender – Dilansir dari laman nerslicious.com, berikut ini adalah 5 PTN dengan jurusan keperawatan terbaik dan telah mendapatkan akreditasi “A” oleh BAN-PT:

1. Universitas Gadjah Mada, DI Yogyakarta

Program Studi Ilmu Keperawatan, Fakultas Kedokteran, Universitas Gadjah Mada didirikan sejak tahun 1998 dengan jumlah alumni 1932. Jumlah kredit dalam fase akademik adalah 154 satuan kredit semester (SKS) dalam 8 semester dan jumlah kredit dalam fase profesi 40 SKS dalam 15 bulan. Tugas akhir dalam program ini adalah skripsi.

Program studi Ilmu Keperawatan, Fakultas Kedokteran, Universitas Gadjah Mada telah disertifikasi oleh LAMPTKes (Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan) dengan kualifikasi “A” (2014-2019). Jumlah dosen sebanyak 36 orang dengan kualifikasi minimum Master. Tingkat Kompetensi di Kualifikasi Kompetensi Nasional Indonesia (KKNI) adalah tingkat 7.

Metode Pembelajaran yang digunakan yaitu:

  1. Kuliah, responsi
  2. Diskusi Kelompok (tutorial)
  3. Metode lain selain PBL
  4. Praktikum di Laboratorium dan Ketrampilan Klinik Keperawatan (Skills Lab)
  5. Pengalaman Belajar Lapangan
  6. Model pembelajaran seminar dan penelitian
  7. Pendidikan Klinik (Profesi Ners) di Rumah Sakit dan Puskesmas/Lapangan

Dalam kegiatan praktek klinik selama pendidikan program profesi, mahasiswa berkesampatan mempraktekkan ilmu/teori yang telah dipelajari selama kuliah. Selain di RSUP Dr. Sardjito, kegiatan praktek klinik juga diselenggarakan di beberapa rumah sakit pendidikan utama, rumah sakit jaringan, dan puskesmas atau pusat kesehatan lain yang ditunjuk.

Berikut ini beberapa fasilitas di Program Studi Ilmu Keperawatan, Fakultas Kedokteran, Universitas Gadjah Mada:

  • Sarana di dalam kampus terletak di Gedung Ismangoen, terdiri dari Skills Lab Keperawatan, Ruang Kuliah, Ruang Dosen & Administrasi serta Ruang Auditorium.
  • Sarana lain bagi mahasiswa PSIK FK UGM antara lain halaman yang luas, tempat parkir, mushola. Adanya laboratorium terpadu yang baru serta perpustakaan yang lengkap menjanjikan bagi mahasiswa pelayanan sumber belajar yang menarik dan penuh harapan. Semua sarana ini digunakan bersama-sama dengan seluruh civitas akademika FK UGM.
  • Tempat praktek untuk kegiatan profesi antara lain RSUP. Dr. Sardjito, RSUD Banyumas, RSUP Dr. Soeradji Tirtonegoro, RS.Grhasia Pakem, Puskesamas Imogiri, Depok dan Mlati, Panti Wredha Abiyoso, dan Panti Wredha Budhi Luhur.

Sarana lain untuk mahasiswa yaitu adanya kerjasama dengan institusi pendidikan dalam dan luar negeri memungkinkan mahasiswa untuk dapat mengikuti program student exchange, dan bagi yang berminat untuk bekerja di luar negeri,  dapat memanfaatkan program yang dikembangkan Program Studi Ilmu Keperawatan.

Faklutas ilmu keperawatan

2. Universitas Indonesia, Depok

Lahirnya Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIKUI) diawali dengan dibukanya Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK) yang ditubuhkan pada Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia pada tahun 1985. Landasan pendirian Program Studi ini adalah karena tuntutan masyarakat yang meningkat terhadap pelayanan keperawatan profesional dan merujuk pada kebijakan pengembangan tenaga kesehatan di Indonesia seperti tercantum dalam Sistem Kesehatan Nasional (SKN). Program Studi Sarjana Ilmu Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Indonesia adalah program sarjana ilmu keperawatan terbesar dan tertua di Indonesia.

Program ini memiliki fokus utama dalam mempersiapkan lulusan agar dapat memberikan perawatan tingkat awal yang aman, kompeten, etis kepada individu, keluarga, dan populasi yang ragam budaya di seluruh rangkaian layanan kesehatan dan di seluruh rentang kehidupan, agar berfungsi secara efektif sebagai anggota profesi keperawatan dan sebagai anggota tim kesehatan interdisipliner, dan menggunakan praktik berbasis bukti. Pada Program Studi Sarjana Ilmu Keperawatan, siswa akan belajar tentang konsep dan keterampilan keperawatan di kelas dan pengaturan laboratorium. Sarjana ilmu keperawatan 144 sks, profesi 36 sks, 2 tahun

3. Universitas Diponegoro, Semarang

Jurusan Ilmu Keperawatan di Universitas Diponegoro berada dibawah naungan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro. Jurusan ini juga telah memiliki Ijin Penyelenggaraan dengan nomor: SK Dirjen Dikti No. 427/Dikti/Kep/1999. Sedangkan kesetaraan dalam KKNI (Equivalent Level to Indonesian National Qualification framework), jurusan ilmu keperawatan berada di level 6 KKNI. Selama kegiatan pembelajaran, menggunakan metode tutorial, Student Center Learning (SCL), asesmen melalui UTS, UAS, portofolio dan lain sebagainya. Selama perkuliahan, mahasiswa akan menempuh sebanyak 144 SKS dengan masa studi 8-14 semester. Hal ini emngacu pada isi BNSP tahun 2010.

Fasilitas yang diterima oleh mahasiswa selama menjalani perkuliahan diantaranya yaitu ILS (Information and Learning Service): IT, Lab Multimedia, perpustakaan, media, e-learning, pelatihan bahasa asing di pusat bahasa universitas, pelatihan IT, bimbingan dan konseling, dan saat ini telah hadir Rumah Sakit Nasional Diponegoro sebagai tempat aplikasi teori yang telah didapatkan selama perkuliahan.

keperawatan unpad

4. Universitas Padjadjaran, Bandung

Fakultas Keperawatan Unpad adalah pusat Pendidikan Tinggi Keperawatan tertua kedua di Indonesia. Proses pembelajaran di Program Studi Ilmu Keperawatan Unpad berfokus pada tumbuh kembang kemampuan mahasiswa untuk menjadi seorang calon perawat profesional, dengan mempelajari respon individu terhadap berbagai kondisi (sehat/sakit) serta upaya untuk mengatasinya yang dilandasi oleh ilmu humaniora, biologi, biokimia, anatomi, fisiologi, fisika dan perilaku serta dasar-dasar keperawatan. Kurikulum yang dipakai adalah Kurikulum Perguruan Tinggi, meliputi 144 SKS dalam 8 semester.

Gelar yang diperoleh bagi para lulusan adalah Sarjana Keperawatan (S.Kep). Selanjutnya S.Kep. dapat melanjutkan ke jenjang Profesi dengan menempuh 2 semester untuk mendapatkan gelar Ners. Mahasiswa Ilmu Keperawatan memiliki kesempatan mendapatkan beasiswa prestasi dan non prestasi dari dalam dan luar negeri, setidaknya terdapat 25 sumber beasiswa yang dapat diakses oleh mahasiswa. Setiap tahun terdapat mahasiswa yang melaksanakan student exchange dan Attending Seminar awards di luar negeri.

Program Sarjana keperawatan di Universitas Padjadjaran ini tidak hanya terletak di Bandung, tetapi juga di Garut dan PSDKU Pangandaran. Selain itu, Fakultas Keperawatan Unpad juga memiliki jenjang pendidikan pasca sarjana profesi ners dan magister ilmu keperawatan.

5. Universitas Airlangga, Surabaya

Sejarah berdirinya Program Studi Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga diawali dengan dibukanya Program Studi Diploma IV Perawat Pendidik pada bulan November 1997 yang berada dibawah  Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga. urikulum yang digunakan untuk PS Keperawatan adalah kurikulum yang telah disepati oleh Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia (AIPNI) dan dikembangkan sesuai kebijakan Universitas Airlangga, kurikulum berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), masa studi untuk tahap akademik 4 tahun dan masa studi untuk tahap profesi 1 tahun beban studi 146 sks untuk tahap akademik dan 36 sks untuk tahap profesi. Metode pembelajaan yang digunakan diskusi kelompok, simulasi, studi kasus, pembelajaran kolaboratif, pembelajaran kooperatif, pembelajaran berbasis proyek, pembelajaran berbasis masalah, dan metode pembelajaran lain, yang dapat secara efektif memfasilitasi pemenuhan capaian pembelajaran. Gelar lulusan tahap akademik adalah Sarjana Keperawatan (S.Kep) dan gelar lulusan tahap profesi adalah Ners (Ns).

Kegiatan capaian pembelajaran dilakukan di Kampus dan di wahana pembelajaran klinik dan Komunitas. Rumah Sakit yang digunakan untuk memenuhi capaian pembelajaran antara lain RS Dr. Soetomo Surabaya, RS Universitas Airlangga Surabaya, RS Jiwa Menur Surabaya, RS Haji Surabaya. Wahana Pembelajaran Komunitas yang digunakan antara lain UPTD Griya Werdha Jambangan Kota Surabaya dan Puskesmas diwilayah kerja Dinas Kesehatan Kota Surabaya

Bimbel Terbaik Untuk Jurusan Kedokteran

Jika kamu mencari Bimbel Terbaik untuk Fakultas Kedokteran, Maka Jawabnnya adalah Bimbel Lavender yang bimbingan belajar yang dikelola langsung oleh Dosen UI dengan tingkat kelulusan yang tinggi dan konsiten.

Berikut Lulusan Bimbel Lavender Tahun 2019:

Bimbel Terbaik Untuk Fakultas Kedokteran atau FK

bimbel masuk kedokteran

Bimbel UI Karantina Lavender

Bimbel UI Karantina Lavender atau disebut juga supercamp secara garis besar merupakan sistem bimbingan belajar yang mengharuskan siswa untuk tinggal di lokasi belajar (di hotel/wisma di sekitar depok). Sekitar 4-6 pekan siswa difokuskan untuk mempelajari materi dan soal persiapan ujian PTN setiap hari dari pagi hingga malam.

bimbel masuk ui

Bimbel UTBK Reguler

Bimbel UTBK Lavender juga menyediakan kelas persiapan ujian SBMPTN reguler bagi kamu yang tidak bisa mengikuti Kelas Karantina, yaitu kelas pesiapan ujian PTN dengan tempat belajar di kantor Bimbel Lavender dengan sistem tidak menginap. Ada 3 Pilihan kelas; yaitu kelas khusus alumni/ kelas pagi, kelas Sore, dan juga Kelas Weekend.

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

error: Content is protected !!