Serba – Serbi Jurusan Pendidikan Kedokteran Gigi

Kedokteran Gigi FKG

KEDOKTERAN GIGI – Halo Lavenderian… Lavenderian ingin jadi dokter gigi? atau belum memutuskan mau memilih jurusan apa di SBMPTN atau ujian universitas lainnya? santuy aja. nih mimin kasih pencerahan tentang jurusan yang jits di kalangan anak Saintek atau IPA yaitu Jurusan atau Fakultas Kedokteran Gigi. Di artikel ini mimin akan membahas:
1. Apa yang dipelajari di Kedokteran Gigi?
2. Sekilas 7 PTN dengan Jurusan/Fakultas Kedokteran Gigi Terbaik
3. Biaya Pendidikan Kedokteran Gigi di PTN
4. 7 PTN Terbaik untuk Fakultas Kedokteran Gigi atau FKG
5. Bimbel Terbaik Untuk Fakultas Kedokteran Gigi atau FKG

mahasiswa kedokteran gigi UI

Bimbel Lavender – Jurusan kedokteran gigi mempelajari tentang perawatan kesehatan gigi dan gusi. Jurusan ini kemudian menjadi sangat penting karena tidak hanya menjaga kesehatan gigi dan gusi tetapi secara tidak langsung juga menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh. Jika gusi terkena infeksi dan terus berlanjut, maka akan menyebabkan keluarnya nanah yang kemudian akan membentuk kantong nanah dan plak. Berbagai macam jenis kuman yang hidup di dalam kantong ini dapat menyebar ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah dan menjadi sumber berbagai macam penyakit kronis.

Mahasiswa jurusan kedokteran gigi harus memiliki kemampuan menghafal yang bagus. Selama perkuliahan, mahasiswa akan mempelajari tentang anatomi dan fisiologi tubuh manusia, penyakit dan obat yang digunakan dalam penyembuhan. Selain itu, kemampuan berkomunikasi sudah menjadi hal yang wajib dimiliki seorang dokter.

Selama pendidikan, mahasiswa jurusan kedokteran gigi akan menempuh beberapa tahap pendidikan yaitu pendidikan akademis dan pendidikan profesi. Pendidikan akademik kurang lebih ditempuh selama 8 semester atau 4 tahun. Pendidikan profesi ditempuh selama 4 semester atau 2 tahun. Setelah itu mahasiswa akan melakukan “internship” selama 1 tahun di daerah terpencil untuk. Tidak sampai disitu uji kompetensi khusus bagi lulusan Fakultas kedokteran dan Fakultas Kedokteran Gigi secara nasional.

Pada program pendidikan akademik, mahasiswa akan mempelajarai mengenai ilmu kedokteran dasar dan kedokteran gigi dasar. Calon dokter gigi perlu mempelajari ilmu kedokteran dasar seperti mahasiswa ilmu kedokteran umum. Ilmu kedokteran dasar yang perlu dipelajari diantaranya yaitu mengenai anatomi dan fisiologi manusia, kedokteran mata, THT, dan lain sebagainya. Sedangkan kedokteran gigi dasar yaitu meliputi Ortodonsia, Ilmu Konservasi Gigi, Ilmu Bedah Mulut dan Maksilofasial, dan lain sebagainya

Kedokteran Gigi UGM

Beberapa PTN dengan jurusan kedokteran gigi terbaik diantaranya yaitu Universitas Indonesia, Universitas Jember, Universitas Gadjah Mada, Universitas Padjadjaran, Universitas Airlangga, Universitas Hasanuddin, Univesitas Sumatera Utara. Tujuh Universitas tersebut telah memiliki akreditas A untuk jurusan kedokteran gigi.

Universitas Indonesia

Di Universitas Indonesia, Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) berdiri sejak tahun 1960. FKG UI telah terakreditasi A sejak tahun 2014. Mahasiswa FKG UI harus menyelesaikan kuliah selama 7 semester atau 14 blok (144 SKS), untuk menjadi Sarjana Kedokteran Gigi (S.KG). Tahap kedua adalah Program Pendidikan Akademik Profesi. Lulusan dokter gigi tersebut, akan memasuki pendidikan profesi dokter gigi dengan menjalankan kepaniteraan klinik terintegrasi yang berjumlah total 31 SKS. Selain program reguler, FKG UI juga mempunyai kelas internasional untuk mahasiswa FKG dengan bahasa pengantar Bahasa Inggris.

Universitas Gadjah Mada

Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Gadjah Mada didirikan pada tanggal 5 Maret 1948. Fakultas ini telah mendapatkan akreditasi A sejak tahun 2014. Tidak jauh berbeda dengan FKG UI, FKG UGM juga memiliki departemen yang mirip. Di FKG UGM juga memiliki jurusan Hiegine Gigi atau juga disebut sebagai perawat gigi. Tidak jauh berbeda dengan FKG di kampus lain, untuk menjadi seorang dokter gigi, mahasiswa harus menempuh program akademik dan program profesi yang kemudian dilanjutkan dengan magang.     

Universitas Padjadjaran

Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Unpad berdiri pada tanggal 1 September 1959 berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 85633/S. FKG Unpad terbentuk berkat upaya Panitia Pembentukan FKG Unpad yang terdiri dari Prof. Dr. R. Moestopo, Prof. Soeria Soemantri, MPH., R. Soeriadiredja, dr. Chasan Boesoeri, dan Prof. Dr. Naubaeuer. FKG Unpad telah terakreditasi A. Selain itu, sejak tahun 2003, FKG Unpad membuka Kelas Internasional yang menerapkan student active learning dengan metode pembelajaran problem based learning. Pada tahun yang sama, FKG Unpad memiliki Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) di Kampus Sekeloa yang merupakan pengembangan dari Klinik Kerja Mahasiswa. Masa studi mahasiswa sarjana FKG Unpad terjadwal 8 semester dengan maksimal pendidikan selama 14 semester. 

Universitas Airlangga

FKG Unair adalah FKG tertua di Indonesia. Fakultas Kedokteran Gigi Unair berdiri atas prakarsa dr. Lonkhuizen yang saat itu menjabat sebagai Kepala Departemen Kesehatan Masyarakat. Dr. Lonkhuizen mempunyai gagasan untuk membuka sekolah pendidikan dokter gigi di kota Surabaya dan meminta dr. R.J.F. Van Zaben, Direktur Nederland Indische Artsen School (N.I.A.S.) untuk memimpinnya pada bulan Juli 1928. Pendidikan Dokter Kedokteran Gigi ini bernama School Tot Opleiding van Indische Tandartsen (STOVIT, 1928-1942) khusus untuk dokter gigi setempat semasa Indonesia masih dijajah Pemerintah Hindia Belanda. Program pendidikan dokter gigi di FKG UNAIR diselenggarakan melalui tahapan pendidikan akademik dan profesi yang disebut program akademik-profesi dokter gigi dan memiliki beban studi 183 sks. Selama program akademik atau program sarjana kedokteran gigi, teori dasar kedokteran dan kedokteran gigi diajarkan. Setelah memperoleh gelar sarjana kedokteran gigi, secara terintegrasi, mahasiswa menyelesaikan program pendidikan profesi dokter gigi. Selama program profesi ini mereka melakukan rotasi praktikum klinik di semua departemen yang ada di Rumah Sakit Gigi dan Mulut. Selain itu, FKG Unair juga membuka kelas internasional.

Universitas Jember

Sejak tahun 1980, Universitas Jember (UNEJ) telah merintis rencana penambahan Fakultas Kedokteran Gigi. Sehubungan dengan rencana tersebut, UNEJ melakukan persiapan-persiapan, dan pada tahun 1985 mulai menerima mahasiswa baru. Pada tahun 1986, Fakultas Kedokteran Gigi di UNEJ resmi menjadi swasta dengan nama Sekolah Tinggi Kedokteran Gigi Jember (STKG Jember) dibawah Yayasan Abdi Negara Jember. Pada tahun 1989 status operasional STKG Jember berubah menjadi status terdaftar. Selanjutnya, mulai tahun akademik 1995/1996 PSKG UNEJ menerima mahasiswa untuk pertama kali. Pada saat bersamaan, STKG Jember dibekukan. Pada tahun 1998, status program Studi Kedokteran Gigi berubah menjadi Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) dengan SK Mendikbud No. 256/O/1998, tertanggal 21 Oktober 1998. Sampai saat ini Universitas Jember telah terakreditasi A. Selain itu, Universitas Jember juga memiliki Rumah Sakit Gigi dan Mulut sebagai fasilitas pendidikan untuk mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi.

Universitas Hasanuddin

FKG Universitas Hasanuddin didirikan pada tanggal 23 Januari 1969 sebagai Institut Kedokteran Gigi Yos Sudarso Makassar, yaitu institusi hasil kerjasama antara TNI AL dengan Universitas Hasanuddin. Kemudian institusi ini dilebur menjadi Departemen Kedokteran Gigi, Fakultas Kedokteran, Universitas Hasanuddin. Pada tahun 1983, fakultas ini resmi berdiri sebagai fakultas yang mandiri. Masa studi mahasiswa program sarjana yaitu selama lima tahun (3 tahun program akademik dan 2 tahun program profesi). Total beban studi yang harus ditempuh mahasiswa untuk menyandang gelas dokter gigi adalah sebanyak 180 SKS. Saat ini, Universitas Hasanuddin telah memiliki program kelas internasional sejak tahun 2019.     

Universitas Sumatera Utara

FKG USU didirikan pada tanggal 19 Oktober 1961 berdasarkan SK Menteri PTIP No. 0048/Sek/PU dan diresmikan pada tanggal 3 Nopember 1961. Pelaksanaan pendidikan dokter gigi di FKG USU terdiri dari dua tahap, yaitu: Tahap Program Pendidikan Akademik dan Tahap Program Pendidikan Profesi yang merupakan satu kesatuan yang utuh. Tahap Program Pendidikan Akademik dijadwalkan selama 8 semester dengan beban studi 145 SKS, sedangkan Tahap Program Pendidikan Profesi dijadwalkan 2 semester dengan beban studi 30 SKS. Total beban studi hingga mencapai gelar dokter gigi sebanyak 185 SKS. Mahasiswa yang menyelesaikan program pendidikan akademik berhak menyandang gelar Sarjana Kedokteran Gigi (SKG), sedangkan mahasiswa yang berhasil menamatkan program pendidikan profesi akan mendapat gelar Dokter Gigi (drg). Berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) No. 006/BAN-PT/Ak-X/S1/VI/2006 tanggal 15 Juni 2006, Fakultas Kedokteran Gigi USU ditetapkan sebagai salah satu Fakultas Kedokteran Gigi Negeri yang memiliki akreditasi “A”.

Kedokteran Gigi UNPAD

Berbicara kuliah, tentu saja kita juga harus mempertimbangkan investasi yang harus dibayarkan selama perkuliahan berlangsung. Berikut ini detil biaya perkuliahan dari masing – masing universitas melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN:

1. Biaya kedokteran Gigi UI

Sistem pembayaran perkuliahan di Universitas Indonesia atau UI untuk Sarjana Reguler UI memiliki 2 mekanisme yaitu BOP-Berkeadilan dan BOP Pilihan.

BOP-Berkeadilan merupakan mekanisme pengajuan tarif UKT bagi Mahasiswa yang penetapannya disesuaikan dengan kemampuan penanggung biaya pendidikan dan dalam pengajuannya harus disertai dengan sejumlah data dan dokumen pendukung. Berikut Besaran BOP Berkeadilan Rumpun Saintek (IPA):

Kelas  1: Rp.0 s.d. Rp.500.000

Kelas 2: >Rp.500.000 s.d. Rp.1.000.000

Kelas 3: >Rp.1.000.000 s.d. Rp2.000.000

Kelas 4: >Rp.2.000.000 s.d. Rp4.000.000

Kelas 5: >Rp.4.000.000 s.d. R6.000.000

Kelas 6: >Rp.6.000.000 s.d. Rp7.500.000

 

BOP-Pilihan merupakan mekanisme pengajuan tarif UKT bagi Mahasiswa yang penetapannya ditentukan sendiri oleh penanggung biaya pendidikan yang didasarkan pada keinginan untuk berpartisipasi dalam membantu biaya operasional pendidikan sarjana reguler di UI dengan membayar Tarif UKT lebih besar  dari Tarif UKT Kategori IV BOP-Berkeadilan. Berikut Besaran BOP Pilihan Rumpun Saintek (IPA):

Kelas A: Rp.7.500.000,-

Kelas B: Rp.10.000.000,-

Kelas C: Rp.12.500.000,-

Untuk S-1 Paralel

Sedangkan untuk kelas internasional jurusan kedokteran gigi, besaran biaya pendidikannya terdiri dari uang pangkal (UP) yang dibayarkan sekali saat masuk dan juga BOP yang dibayarkan setiap semester. Untuk Kedokteran Gigi ada 3 pilihan gelar ganda yakni Sarjana Kedokteran Gigi (SKG) & Master of Research (Mres) University of Newcastle, Sarjana Kedokteran Gigi (SKG) & Certificate ACTA, Netherland, Sarjana Kedokteran Gigi (SKG) & BMedSci – Faculty of Medicine, Denstry & Health Sciences, University of Melbourne. Besarannya sebagai berikut:

WNI:

UP : Rp.225.000.000,-

BOP : Rp.75.000.000,-

WNA:

UP : Rp.300.000.000,-

BOP : Rp.86.000.000,-

2. Biaya kedokteran gigi UGM

Sistem pembayaran perkuliahan di Universitas Gadjah Mada atau UGM untuk Sarjana Reguler UGM menggunakan sistem Uang Kuliah Tunggal atau UKT dengan besaran yang berbeda-beda sesuai dengan besaran penghasilan orantua. Adapun besaran UKT UGM sebagai berikut:

UKT Kelompok I: Rp.500.000,-

UKT Kelompok II: Rp.1.000.000,-

UKT Kelompok III: Rp.3.700.000,-

UKT Kelompok IV: Rp.5.600.000,-

UKT Kelompok V: Rp.7.500.000,-

UKT Kelompok VI: Rp.9.500.000,-

3. Biaya kedokteran UNPAD

Sistem pembayaran perkuliahan di Universitas Padjadjaran atau UNPAD untuk Sarjana Reguler terdiri atas 2 sistem yakni Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan juga uang Pengembangan (hanya untuk mahasiswa yang lulus lewat ujian mandiri). Untuk besaran UKT bermacam macam sesuai dengan kemampuan orangtua. Besarannya sebagai berikut:

UKT I: Rp 500.000

UKT II: Rp 1.000.000

UKT III: Rp 2.500.000

UKT IV: Rp 9.000.000

UKT V: Rp 13.000.000

Khusus untuk mahasiswa yang lulus lewat ujian mandiri biaya ditambah biaya pengembangan. Besaran biaya untuk jurusan kedokteran sebesar minimal Rp.200.000.000,-

4. Biaya kedokteran UNAIR

Sistem pembayaran perkuliahan di Universitas Airlangga atau UNAIR untuk Sarjana Reguler memakai sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT). Untuk besaran UKT bermacam macam sesuai dengan kemampuan orangtua. Besarannya sebagai berikut:

UKT GOL I: Rp.0- 500.000

UKT GOL II: Rp.750.000 – 1.000.000

UKT GOL III: Rp. 6.000.000 – 8.000.000

UKT GOL IV: Rp. 12.500.000 – 14.000.000

UKT GOL V: Rp. 17.500.000 – 19.500.000

7 PTN Terbaik untuk Fakultas Kedokteran Gigi atau FKG

Berikut Daftar PTN Terbaik untuk Fakultas Kedokteran Gigi atau FKG di Indonesia versi Bimbel Lavender:

  1. Universitas Indonesia (UI), Depok, Jawa Barat.
  2. Universitas Gadjah Mada (UGM), Jogja, D.I. Yogyakarta.
  3. Universitas Padjadjaran (UNPAD), Bandung, Jawa Barat.
  4. Universitas Airlangga (UNAIR), Surabaya, Jawa Tengah.
  5. Universitas Jember (UNEJ), Jember, Jawa Timur.
  6. Universitas Hassanudin (UNHAS), Makassar, Sulawesi Selatan.
  7. Universitas Sumatera Utara (USU), Medan, Sumatera Utara.

Bimbel Terbaik Untuk Fakultas Kedokteran Gigi atau FKG

Jika kamu mencari Bimbel Terbaik untuk Fakultas Kedokteran, Maka Jawabnnya adalah Bimbel Lavender yang bimbingan belajar yang dikelola langsung oleh Dosen UI dengan tingkat kelulusan yang tinggi dan konsiten.

Berikut Lulusan Bimbel Lavender Tahun 2019:

Bimbel Terbaik Untuk Fakultas Kedokteran atau FK

bimbel masuk kedokteran

Bimbel Karantina Lavender

Bimbel Karantina atau disebut juga supercamp secara garis besar merupakan sistem bimbingan belajar yang mengharuskan siswa untuk tinggal di lokasi belajar (di hotel/wisma di sekitar depok). Sekitar 4-6 pekan siswa difokuskan untuk mempelajari materi dan soal persiapan ujian PTN setiap hari dari pagi hingga malam.

bimbel masuk ui

Bimbel SBMPTN Reguler

Bimbel Lavender juga menyediakan kelas persiapan ujian SBMPTN reguler bagi kamu yang tidak bisa mengikuti Kelas Karantina, yaitu kelas pesiapan ujian PTN dengan tempat belajar di kantor Bimbel Lavender dengan sistem tidak menginap. Ada 3 Pilihan kelas; yaitu kelas khusus alumni/ kelas pagi, kelas Sore, dan juga Kelas Weekend.

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

error: Content is protected !!