Tips Kuliah, Cara Jitu Memilih

JAKARTA – Memilih jurusan kuliah adalah satu keputusan penting dan menentukan kehidupan kita selanjutnya. Namun, sering kali orang kebingungan ketika memilih jurusan kuliah paling tepat.

Nah, mumpung masih ada waktu sebelum pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dimulai, simak panduan memilih jurusan kuliah dengan tepat, seperti dilansir Campus Grotto, Rabu (21/1/2015).

 

Tentukan pekerjaan dan karier yang diinginkan

Sebagai langkah awal, usahakan memilih jurusan sesuai minat dan bakat. Kemudian, tentukan karier yang kamu idamkan dan lihat apakah jurusan yang dipilih sesuai proyeksi karier tersebut.

 

Telusuri pilihan jurusan

Ada begitu banyak jurusan kuliah yang bisa dipilih. Buatlah daftar jurusan yang menarik dan cari tahu lebih banyak tentang jurusan tersebut. Pilih jurusan yang paling banyak memenuhi kriteria jurusan idaman Anda. Bila perlu, berkonsultasilah dengan penasihat akademis di sekolah.

 

Kepentingan pribadi

Coba pertimbangkan pilihan jurusan dengan minat dan hobi. Pilihan jurusan yang sesuai kedua hal tersebut cenderung akan membuat kita nyaman menjalani perkuliahan.

 

Periksa persyaratan

Beberapa jurusan bisa jadi mengharuskan kita belajar ekstra keras, melakukan banyak praktikum atau membaca banyak buku. Cari tahu persyaratan kuliah di jurusan tertentu dan pastikan Anda mampu menjalaninya jika memilih jurusan tersebut.

 

Penilaian kepribadian dan minat karier

Sebelum memilih jurusan, bisa juga melakukan tes kepribadian dan minat karier. Hasilnya bisa dijadikan panduan menentukan jurusan kuliah.

 

Lihat lowongan pekerjaan

Ini metode alternatif yang layak dicoba. Dengan melihat daftar lowongan pekerjaan, kita bisa mengetahui lulusan jurusan apa saja yang dicari perusahaan beserta kualifikasinya. Manfaatkan informasi ini untuk memutuskan jurusan kuliah apa yang akan dipilih.

 

Pertimbangan lainnya adalah, jika tidak berniat melanjutkan kuliah sampai ke jenjang pascasarjana, maka pilihlah jurusan yang sekiranya tidak memerlukan studi lanjutan di dunia kerja. Selain itu, jangan pernah takut mengubah jurusan kuliah karena terjebak dalam bidang yang tidak disukai adalah suatu hal yang tidak menyenangkan. Tetapi, jangan menunggu terlalu lama untuk membuat keputusan, karena ini bisa menghabiskan biaya kuliah yang cukup besar.