Amazing Camp Bimbel Lavender

Home » Info Jurusan » Jurusan Vokasi di SNBT 2024
Jurusan Vokasi di SNBT 2024 Ilustrasi

Hai, Lavender Friends! ? Selamat datang kembali di panggung pendidikan, di mana setiap pilihan adalah petualangan yang menarik! Pada era ini, ketika teknologi terus berkembang dan dunia terus berubah, kita diberi kesempatan untuk memilih jalur pendidikan yang sesuai dengan passion dan bakat kita. Hari ini, mari kita memeluk kemeriahan opsi jurusan vokasi di tahun 2024!

Dunia pendidikan tak pernah begitu berwarna, dan pilihan jurusan vokasi menjadi lebih menarik daripada sebelumnya. Bagi kalian, para siswa pemberani yang berusia 17 tahun, memilih jurusan vokasi adalah langkah besar dalam perjalanan kalian. Yuk, simak lebih lanjut untuk mengetahui apa yang ditawarkan oleh era pendidikan sekarang!

1. Pilihan Jurusan SNBT

Jadi, pada SNBT ini setiap peserta memiliki kebebasan untuk menentukan program studi di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Akademik, PTN Vokasi, dan/atau Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN). Peserta diizinkan memilih hingga empat program studi, yang terdiri dari dua pilihan program akademik (sarjana) dan dua pilihan program vokasi (D3 dan D4), dengan ketentuan berikut:

  • Satu pilihan program studi, peserta dapat bebas memilih di berbagai program apa pun.
  • Dua pilihan program studi, peserta bebas memilih di program mana pun.
  • Tiga pilihan program studi, peserta dapat memilih 2 program sarjana dan 1 program vokasi atau 1 program akademik dan 2 program vokasi.
  • Empat pilihan program studi, peserta dapat memilih 2 program akademik dan 2 program vokasi, atau ketiga program sarjana dan satu program D3/D4.

2. Sesuaikan Strategi

Jangan lupa sesuaikan urutan pemilihan program studi ya Sobat Lavender . Berdasarkan pengurutan iniakan menjelaskan tingkat prioritas kamu dalam memilih program studi. 

Mungkin Sobat Lavender bertanya-tanya terkait, mengapa ya harus memilih salah satu program studi dari Vokasi? Ternyata ada alasan loh dibaliknya.

Pertanyaan Sobat Lavender ini dijawab langsung oleh ketua Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB), Prof. Ganefri. Beliau menjelaskan kalau alasan penggabungan pemilihan akademik dan vokasi ini punya tujuan khusus loh.

“Penggabungan pendidikan akademik dan vokasi bertujuan agar terjadi peningkatan peminatan vokasi. Sehingga anak-anak diberi kesempatan untuk dapat memilih 4 program studi,” jelas Pak Ganefri pada Konferensi Pers Peluncuran SNPMB PTN Tahun 2024 di kanal Youtube SNPMB BPPP, Jumat (8/12/2023).

Dadi Bangun, S.T
Direktur Pendidikan
Bimbel Lavender