Amazing Camp Bimbel Lavender

Home » Info PTN » UPDATE RESMI! Ini Program Studi Baru ITS di 2024

Hey guys, ada kabar seru nih buat kalian yang berencana masuk Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)! Buat yang mau ikutan Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) tahun 2024, sekarang ada empat program studi (prodi) baru yang bisa kalian pilih loh.

Kabar baiknya, sekarang Prodi Sains Data, Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), Rekayasa Kecerdasan Artifisial (RKA), dan Prodi Kedokteran yang sebelumnya hanya ada di Seleksi Mandiri, sekarang bisa kalian pilih di SNBP dan SNBT. Asik, kan?

Total 44 Prodi

ITS sekarang punya total 44 pilihan prodi sarjana (S1) dan delapan prodi D4 atau sarjana terapan yang bisa kamu pilih. Oh ya, ada satu prodi baru lagi yang masih nunggu akreditasi, yaitu Prodi Inovasi Digital. Semoga segera bisa ikutan SNBP dan SNBT juga, ya!

Nah, buat kalian yang punya prestasi luar biasa, sekarang ITS punya program baru loh, namanya Seleksi Mandiri Berbeasiswa. Dengan program ini, kalian bisa dapat beasiswa yang membebaskan dari bayar Iuran Pengembangan Institut (IPI). Jadi, yang kalian bayar cuma Uang Kuliah Tunggal (UKT) aja, mantap kan?

Info IUP ITS

Penting juga nih, buat yang mau ikutan International Undergraduate Program (IUP), kalian harus hati-hati. Kalo diterima di IUP tapi ternyata lolos di SNBP, kelolosan IUP bisa dibatalkan sesuai aturan dari Kemendikbudristek.

Bagi yang diterima di IUP tapi juga lolos lewat SNBT, asal gak daftar ulang di SNBT, kalian tetap dinyatakan diterima di IUP. Jadi, pastiin banget ya buat daftar ulang kalo udah lolos!

SNBP ITS

Buat penerimaan mahasiswa baru tahun ini, ITS menyediakan kuota SNBP sebanyak 1.564 kursi, SNBT sebanyak 2.189 kursi, dan Seleksi Mandiri sebanyak 2.817 kursi. Jadi, banyak peluang nih buat kalian semua!

Ada juga update seru nih, kalo sekarang ada aturan blokade buat yang udah lolos salah satu seleksi. Jadi, kalo udah lolos SNBP, gak bisa ikut SNBT atau Seleksi Mandiri lagi. Begitu juga sebaliknya. Biar semuanya adil dan peluang merata!

SNBT ITS

Oh ya, buat yang ikutan SNBT, sekarang bisa milih maksimal empat prodi. Tapi inget ya, ada ketentuannya. Kalian bisa pilih dua program akademik (S1) dan dua program vokasi (D3 dan D4 atau sarjana terapan). Atau kalian bisa pilih tiga prodi, dengan harus pilih dua program akademik dan satu program vokasi, atau sebaliknya. Jadi, pikirin baik-baik ya pilihannya!

Semoga info ini membantu kalian yang lagi persiapkan diri buat masuk ITS. Buat yang ikutan seleksi, semangat terus dan jangan lupa belajar dengan rajin! Buat info lebih lengkap, bisa langsung cek sumbernya di sini. Good luck, future ITS students! 🚀✨